REFLEKSI PERKULIAHAN


MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM
Mita Sari

Refleksi perkuliahan begitu penting bagi saya sebagai peserta didik, karena memiliki fungsi untuk melihat kembali berbagai pengetahuan, pengalaman, serta motivasi dari dosen yang sudah diberikan saat perkuliahan berlangsung. Sebelumnya terdapat beberapa point penting yang harus diketahui untuk merefleksikan perkuliahan yaitu, harus mengetahui tujuan kuliah. Tujuan tersebut diperlukan bagi para mahasiswa untuk berjalan menuju cita-cita yang diinginkan.
Melalui tulisan ini saya mencoba mengurai mata kuliah pengembangan kurikulum yang telah saya dapatkan di semester 2 ini. Dalam perkuliahan ini saya merasakan perubahan yang luar biasa bagi kehidupan sehari-hari. Contohnya sebelum memulai perkuliahan dosen selalu memberikan motivasi-motivasi yang mampu membangkitkan semangat dalam pembelajaran. Saya ingat ketika dosen menampilakan power point yang didalamnya terdapat  lukisan terkenal dari karya Pablo Picasso dan orang-orang hebat lainnya yang diharapkan kita bisa menjadi seperti mereka karena sukses membutuhkan proses yang sangat panjang.
Salah satu topik yang dibahas yakni tentang pengertian pengembangan kurikulum. Pengembangan kurikulum adalah perencanaan atau penyusunan kurikulum yang didalamnya terdapat tujuan pembelajaran yang lebih baik. Urgensi dalam mempelajari pengembangan kurikulum yaitu untuk belajar tentang konsep-konsep dasar dalam merancang kurikulum yang sesuai dengan perkembangan peserta didik. Kemudian materi formal dan hidden kurikulum. Formal kurikulum ialah kurikulum yang sistematis, terstruktur, dan bertingkat seperti pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Sedangkan Hidden Kurikulum (Kurikulum Tersembunyi) adalah nilai, norma, atau kebiasaan yang tidak diajarkan langsung dalam kurikulum formal, sekolah, atau institusi pendidikan. Dalam mata kuliah pengembangan kurikulum ini dosen selalu menerapkan hidden kurikulum seperti, disaat memulai pembelajaran dosen selalu memerintahkan para mahasiswa untuk tidak memainkan ponsel dan khusyu dalam berdoa, kemudian tentang kedisiplinan mahasiswa tidak boleh telat melebihi 12 menit jika telat nanti mendapatkan konsekuensi yaitu presensi dianggap tidak hadir atau alfa. Selanjutnya yang membuat saya lebih semangat dalam perkuliahan ini yaitu dosen selalu memberikan point tambahan untuk mahasiswa yang bertanya ataupun menjawab. Dari sini dosen melatih kita untuk percaya diri dan aktif dalam perkuliahan sehingga suasana kelas lebih hidup dan tidak membosankan.
Untuk melakukan pengembangan kurikulum, pihak yang berwenang harus berlandaskan pada suatu pegangan yang jelas, sehinnga kurikulum dapat berjalan dengan baik. Apabila suatu kurikulum tidak memiliki landasan hasilnya akan mempengaruhi kurikulum itu sendiri yaitu sumber daya manusia tidak dapat terbentuk atau tidak berkualitas. Tedapat landasan dan prinsip yang dipelajari pada perkuliahan perkembangan kurikulum ini.
Landasan Pengembangan Kurikulum :
Filosofis
Psikologis
Psikologis Perkembangan
Psikologis belajar
Sosial Budaya
IPTEKS
Prinsip Perkembangan Kurikulum :
Prinsip Relevan
Internal, kurikulum memiliki relevansi antara komponen kurikulum (tujuan, bahan, strategi, organisasi, dan evaluasi.
Prinsip Fleksibilitas
Prinsip Kontinuitas
Prinsip Efesiensi
Prinsip Efektifitas
Demikianlah yang saya sebut sebagai refleksi perkuliahan. Mata kuliah yang kita ambil sejatinya harus membawa dampak perubahan bagi diri kita, menjadikan diri untuk lebih tau esensi bagi kehidupan. Oleh karena itu ilmu yang kita peroleh selama perkuliahan tidak hilang begitu saja, jadikan lebih bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

Komentar